Wednesday, November 29, 2017

Jembatan Bale Binarum Ciliwung Katulampa

Siang gaes

Pernah baca belum berita tentang adanya manusia di kolong jembatan Bale Binarum yang lagi kekinian itu ?

Saya sebenarnya belum baca juga ada berita heboh apa. Artikel ini saya cuma mau berbagi foto saat berada di atas Jembatan Bale Binarum yang melewati Kali Ciliwung. Arah utara pada foto itu mengarah ke Bendungan Katulampa.



Jembatan ini berada di pinggir jalan raya Pajajaran, tepat sebelum Plaza Ekalokasari di ujung jalan. Saya sempat cari-cari nama jembatan ini di plat nama yang biasanya dibuat ketika peresmian sebuah jembatan tapi tidak ditemukan. Selidik punya selidik, saya beranikan bertanya kepada pelintas dan penjual yang outletnya berada tidak jauh dari jembatan. Semua orang yang saya tanya, menjawab bahwa itu Jembatan Bale Binarum.

Jembatan Bale Binarum adalah sebutan bagi jembatan ini karena lokasinya tepat disamping Bale Binarum. Masyarakat sekitar menyebut Bale Binarum karena nama itu merupakan nama tempat pertemuan untuk pernikahan yang sangat terkenal dulunya.

Rute angkutan dari arah Stasiun Bogor pasti akan lewat Istana Bogor. Naik saja angkot 02 atau 03.

Naik angkot 02 dari Stasiun Bogor akan melewati Kantor Walikota, Istana Bogor, lalu masuk Jalan Raya Pajajaran, Lippo Keboen Raya, IPB Baranangsiang, Botani Square / Tugu Kujang lalu belok turun ke kanan ke arah Pasar Bogor Suryakencana untuk selanjutnya langsung ke arah PDAM Sukasari.

Naik angkot 03 dari Stasiun Bogor akan melewati Kantor Walikota, Istana Bogor, lalu masuk jalan Raya Pajajaran, Lippo Keboen Raya, IPB Baranangsiang, Botani Square/ Tugu Kujang, lalu keluar sedikit ke arah tol untuk berbalik arah menuju Terminal Baranangsiang. Sebaiknya turun sebelum masuk ke Terminal setelah dari jalan Tol. Lalu naik angkot ke arah Ekalokasari/ Bale Binarum.
(im)
Reaksi:

0 komentar: